Senin, 06 Mei 2013

Fadillah Surah Al Kahfi

Jum'at Barokah! “Siapa membaca surah #AlKahfi di hari Jumat, niscaya ia akan diterangi oleh cahaya antara 2 Jumat.” (HR.Hakim)


Assalamualaikum. saya akan share tentang keutamaan surat al-kahfi. Surat Al-Kahfi merupakan surat ke 18 dalam Al-quran. Surat Al-Kahfi terdiri dari 110 ayat. Silahkan disimak. Semoga bermanfaat.

4 Pokok ujian hidup : keyakinan, harta, ilmu & kekuasaan. Dalam QS.18 > #AlKahfi Allah SWT memberikan petunjuk untuk menghadapinya. Untuk mengingatkan apa keutamaan dari membaca surat #AlKahfi pada Hari Jumat. Berikut keutamaan Surat Al-Kahfi:
  1. Keutamaan membaca #AlKahfi di Hari Jumat adalah mendapatkan cahaya dari Allah SWT yang pastinya amat kita butuhkan.
  2. Dari Jumat sekarang hingga Jumat depan. Jika kita meninggal di kurun waktu tersebut, kita mendapat cahaya #AlKahfi itu, InsyaAllah.
  3. Bahwa kelak di akhirat kita akan melewati jembatan yang tipisnya seperti sehelai rambut dibagi 7.(Jembatan Sirotol Mustaqiem)  Sangat tipis!
  4. Saat akan melewatinya orang beriman akan memanjatkan doa ini.. "Rabbanaa, atmim lanaa nuu ronaa wagh'firlana" Ya Tuhan kami, sempurnakanlah bagi kami CAHAYA kami dan ampunilah kami.." (QS At-Tahrim: 8)
  5. Ketika menyeberangi jembatan tersebut keadaan sangat mencekam dan gelap. Semua membutuhkan CAHAYA. 
  6. Nabi Muhammad SAW menyatakan: kemampuan orang ketika menyeberangi jembatan itu berbanding lurus dengan cahaya yang dimiliki.
  7. Cahaya tersebut pun berbanding lurus dengan tingkat keimanan&amal kebaikannya di dunia. Sudah berapa banyakkah kita kumpulkan cahaya?
  8. Saat itu kaum munafiq akan mengiba meminta cahaya kepada orang beriman. Dan kita di dunia ini diberi kesempatan untuk kumpulkan cahaya itu.
  9. Salah satu bentuk upaya kita ialah dengan secara disiplin setiap hari #Jumat membaca surah #AlKahfi.
Dalam surat #AlKahfi terdapat 4 kisah agung yang menuntun kita dalam 4 pokok ujian hidup : keimanan, harta, ilmu & jabatan

  • Ujian pertama : KEYAKINAN/AQIDAH, terkisah Pemuda Kahfi di permulaan surat Al-Kahfi lengkap dengan solusinya. Silahkan buka..#AlKahfi kisah ini, Muda + Mulia + Masuk Surga ala Pemuda Kahfi chirpified! -> http://t.co/04F67Y50MR  
  • Ujian Kedua : HARTA. Banyak yang lalai jika telah mendapatkan nikmat harta, dalam Al-Kahfi ayat 32-46 trkisah Pemilik #2Kebun Silahkan buka..#AlKahfi | Kisah pemilik 2 Kebun, bisa dilihat di >> http://t.co/cfzsoJYD48 
  • Ujian ketiga: ILMU. Di antara kita seringkali angkuh memiliki ilmu, lalai terhadap adab mencari ilmu. Nah di #alKahfi ini ada kisahnya.. Adalah tentang ketawadhuan Nabi Musa AS belajar pada Khidr. Nabi saja masih ngerasa "bodoh", songong ya kalo kita ngerasa pinter :) #AlKahfi | Kisah Nabi Musa Belajar Pada Khidr -> » http://t.co/pP7nGd1hCM
  • Ujian keempat : KEKUASAAN. Banyak yang merebutnya banyak pula yang lalai karenanya. Dalam surat #AlKahfi ayat 83-98 dibahas nih..
4 pokok ujian kehidupan: keyakinan, harta, ilmu dan kekuasaan. Mau berhasil melewatinya? Yuk tadabur surat #AlKahfi :)
Iya surat #AlKahfi lumayan panjang. Bisa dicicil bacanya sebelum & sesudah shalat. Renungi maknanya :)
Barangsiapa yang menghafal 10 ayat pertama dari surat Al-Kahfi terjaga dari fitnah Dajjal. (HR Muslim)

 

Semoga kita semakin menambahkan ketakwaan dan keimanan kita kepada Allah SWT. Serta senantiasa taat akan segala perintahnya. aamiin Barakallahu fikum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar